Rabu, 30 Desember 2015

5 Tips Pemasaran yang Akan Berubah di Tahun 2016

Apakah Anda adalah seorang pemilik bisnis kecil yang saat ini masih terus mengembangkan strategi pemasaran? Jika iya, maka di akhir tahun ini Anda harus tahu beberapa hal yang akan berubah dan mengalami perkembangan di tahun 2016 mendatang.
Di tahun 2016 mendatang dunia bisnis dan teknologi menjanjikan sebuah permainan baru untuk pemasaran bisnis kecil, terutama mereka yang sebagian besar telah meluncurkan produk dan melakukan banyak strategi pemasaran di sosial media. Memang akan ada sejumlah perubahan yang bisa membantu pertumbuhan dan keberhasilan strategi pemasaran di tahun 2016.
1. Fokus pada hubungan pemasaran
Menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan memang sangat peting. Tapi bagaimana itu akan berkembang dan jauh lebih baik di tahun 2016 mendatang? Maka sebagai pemilik bisnis hanya akan membantu pelanggan, dengan menawarkan layanan terbaik. Hubungan pemasaran akan semakin tumbuh secaa eksplosif pada tahun 2016, terutama karena akan lebih banyak konsumen yang beralih ke smartphone mereka, mulai dari pembelian produk, sampai dengan memberikan saran dan testimonial.
Di tahun 2016 Anda tidak harus selalu fokus pada menyediakan produk terbaik untuk pelanggan, tapi juga memberikan pelayanan kepada pelanggan. Membentuk hubungan yang baik dengan merek, sebab pelanggan akan jauh lebih pintar dalam membedakan pengalaman mana yang baik dan yang buruk.

2. Gunakan media mobile

Di tahun ini saja penggunaan perangkat mobile sudah sangat mendominasi hampir semua aspek yang menggunakan internet sebagai media mereka. Ini berdampak pada hubungan pemasaran di tahun 2016 mendatang. Meski begitu pemilik bisnis kecil perlu untuk sepenuhnya mempelajari dan beradaptasi dengan perangkat mobile.
Akan lebih banyak pencarian via mobile daripada via desktop atau perangkat yang lain. Dan Google pun telah memberikan kemudahan dari sisi algoritma dan teknis pencarian via perangkat mobile. Bahkan kini mesin pencari akan menghukum website yang tidak mengoptimalkan versi mobile.
Ini mungkin terlihat sangat kasar, tapi dalam kenyataannya, Google hanya merespon apa yang konsumen benar-benar inginkan. Gogole tahu bahwa perangkat mobile kini berfungsi sebagi titik sentuk utama bagi pelanggan.

3. Gunakan pemasaran konten

Konten pemasaranpun juga berubah mengikuti trend dan kebutuhan pasar. Mulai dari kata kunci sampai dengan algoritma mesin pencarian. Dari yang awalnya hanya membuat konten di website, blog atau sosial media, maka di tahun depan semua konten harus berkembang. Bukan lagi sekedar konten tulisan, tapi juga konten video ataupun gambar. Google terus bekerja untuk mengidentifikasi dan menghukum pengguna media mobile yang melakukan kecurangan dalam pengalihan konsumen ke konten yang dibuatnya.

4. Buatlah iklan yang tepat sasaran

Bisnis kecil secara resmi dapat berhenti mengkhawatirkan bagaimana setiap pelanggan dalam mencari dan menemukan produk atau jasa yang mereka inginkan. Dengan strategi iklan yang digunakan, kita akan lebih mudah dalam penargetan calon pelanggan kita. Bisnis dapat menggunakan analisis data setiap pembeli untuk menemukan data pelanggan.
Tools seperti Google Adwords, Facebook Ads dan platform iklan yang lainnya juga menawarkan layanan penargetan geografis yang kuat untuk membantu setiap bisnis menemukan konsumen yang tepat untuk bisnisnya. Usaha kecil dapat meningkatkan konversi mereka dengan fokus pada landing page atau kampanye pemasaran konten mereka.

5. Lakukan pengujian

Pentingnya melakukan pengujian pada setiap eksperimen yang kita lakukan, termasuk strategi bisnis yang kita lakukan. Berhasil atau tidak, kita perlu melakukan pengujian dan evaluasi untuk bisa menjalankan strategi pemasaran selanjutnya.
nah, dari saat ini bisa Anda siapkan untuk strategi pemasaran di tahun 2016 mendatang. Dengan strategi yang baru dan lebih bervariasi, bisnis Anda bisa melengkapi kebutuhan dan juga mencapai target yang sudah Anda tetapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar